49899372498 e301e829d1 b

Jum'at (15/05/2020) seluruh Tim Zona Integritas (ZI) PTA. Medan, pada masing-masing area melakukan rapat monitoring dan evaluasi (monev). Meskipun dalam suasana puasa Ramadhan, namun tak menyurutkan semangat Tim untuk berjibaku dengan dokumen-dokumen dan evidence.

49900197902 c9bf943af1 b 49899890161 f7087cc13b b

Antusiasme seluruh hakim dan pegawai demi meraih ZI, rela mengabaikan work from home sampai libur lebaran agar target nilai maksimal terpenuhi. Ini salah satu bentuk komitmen bersama yang telah diamanatkan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, Dr. H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H., bahwa PTA. Medan harus mendapatkan predikat ZI.
Disamping penilaian secara internal, PTA. Medan juga memiliki tugas yang tak kalah pentingnya yakni melakukan cross check terhadap Lembar Kerja Evaluasi (LKE) ZI PA. Se-Sumatera Utara.
Selanjutnya ZI PTA. Medan yang dikomandoi oleh Drs. H. Habibuddin, S.H., M.H. akan mengadakan rapat pleno monev seluruh area yang diagendakan pada Senin (18/05/2020) mendatang. (Nas).

49894641817 b0aff7013f b

Prestasi kinerja triwulan menjadi acuan dalam promosi dan mutasi tenaga teknis. Sistem penilaian ini dimaksudkan untuk menjadi sarana monitoring dan evaluasi tentang tingkat capaian kinerja setiap satuan kerja pengadilan di lingkungan peradilan agama dan menumbuhkan semangat berkompetisi secara terbuka, terukur, akuntabel, obyektif dan partisipatif.

Tujuan dari sistim penilaian ini untuk memetakan dan mendapatkan pimpinan pengadilan yang profesional, berintegritas, memiliki kompetensi teknis, manajerial dan sosio kultural serta menjadi bahan pertimbangan dalam promosi, mutasi dan demosi.

Dengan dasar pemikiran di atas, maka setiap PA dituntut untuk selalu berpacu meningkatkan kinerja triwulan agar nilai dan peringkatnya berada di posisi yang terbaik, misalnya masuk dalam kategori 10 besar. Bagi PA yang berada di peringkat terbaik akan dipanggil untuk ikut assesment dan fit and proper test guna menduduki jabatan yang lebih tinggi atau jabatan pimpinan PA dengan kenaikan kelas.

49894641682 8dac790bb3 b

Penilaian prestasi kinerja triwulan I tahun 2020 diterbitkan Badilag pada hari Kamis (14/5) dalam suasana pandemi covid-19. Dari penilaian tersebut, beberapa PA se wilayah PTA Medan mengalami peningkatan yang signifikan. PA Sibolga misalnya di posisi 8 yang sebelumnya peringkat 13. PA Medan di peringkat 13 yang sebelumnya peringkat 42. PA Simalungun sebelumnya peringkat 80 menjadi peringkat 12. Begitu juga dengan PA Kisaran di posisi 13 yang sebelumnya di posisi 43. Lalu, PA Rantauprapat berada di posisi 15 yang sebelumnya di posisi 74.

49894332066 83198c8e2e b

Selain terdapat peningkatan peringkat seperti disebutkan di atas terdapat 2 PA yang tetap berada di peringkat 10 besar yaitu PA Stabat peringkat 3 dan PA Lubukpakam di peringkat 7. Sekalipun demikian, harus diakui ada 1 PA yang terjun bebas dari peringkat 6 menjadi peringkat 72 yaitu PA Balige disebabkan nilai SIPP turun menjadi 21,82 yang sebelumnya 28,10.

Ketua PTA Medan Abd. Hamid Pulungan mengucap syukur alhamdulillah atas prestasi yang diraih bawahannya tersebut. Dirinya memuji dan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap peningkatan prestasi kinerja triwulan I tahun 2020 ini. “Syukur alhamdulillah, nilai prestasi kinerja triwulan I 2020 PA dalam wilayah PTA Medan meningkat signifikan. Terima kasih kepada pihak yang terlibat dalam peningkatan kinerja ini karena sangat membanggakan,” urai Abd. Hamid Pulungan memuji.

Pada triwulan II 2020, urainya lebih lanjut, akan diusahakan supaya banyak PA yang berada di posisi 10 besar. “Akan kita petakan kelemahan mana saja yang perlu ditingkatkan supaya nilainya  lebih bagus lagi,”  tambahnya memberi alasan.

Dirinya meminta kepada PA yang peringkatnya masih berada di bawah supaya mengejar ketertinggalannya agar lebih baik lagi pada penilaian yang akan datang. Pria yang berasal dari Tapanuli Selatan ini yakin apabila ada upaya yang sungguh-sungguh, insya Allah berhasil. (ahp)

49891622058 08f9b62782 b

Dalam rangka informasi pengadilan kepada masyarakat terutama masyarakat pencari keadilan, Mahkamah Agung RI mewajibkan pengadilan untuk mempublikasi putusan yang dijatuhkannya. Publikasi Putusan itu sendiri harus dilaksanakan secara one day publish yaitu putusan harus dipublish sesaat setelah putusan dibacakan.

Ditjen Badan Peradilan Agama (Badilag) mengambil kebijakan bahwa putusan yang dijatuhkan selama 5 (lima) tahun  terakhir ini yaitu tahun 2016, 2017, 2018, 2019 dan 2020 harus terpublish 100%.  Sebagai wujud komitmen Badilag atas kebijakan tersebut, maka setiap minggu diumumkan atas capaian kinerja publikasi putusan tersebut.

PTA Medan mengambil langkah-langkah konkrit agar putusan terpublish dengan baik. Selain itu, diusahakan secara maksimal supaya mencapai 100%. Berbagai upaya dilakukan, antara lain menjalin koordinasi yang bersinergi antara Majelis Hakim, panitera pengganti dan admin SIPP.

Panitera PTA Medan Abdul Wahid tidak bosan-bosannya mencek setiap saat untuk memastikan bahwa semua putusan telah diinput dan telah sinkron pada SIPP nasional. Disebutkannya, publikasi putusan harus tersinkron setiap Jum’at pagi karena pada siang harinya Badilag akan menginput data guna diumumkan nilainya.

“Saya selalu memonitor tentang input putusan dan selalu memastikan agar tersinkron dengan SIPP nasional yang dapat dilihat pada Simtalak,” ujar Abdul Wahid menginformasikan.

Apa yang dilakukan oleh Abdul Wahid membuahkan hasil yaitu publikasi putusan PTA Medan selalu 100%. Sebenarnya, apa yang dilakukan oleh Abdul Wahid sangat berat karena putusan PTA Medan cukup banyak. Tapi oleh karena semangat pria asal Jawa Tengah ini tidak pernah kendor, akhirnya  usahanya berhasil.

Ketua PTA Medan Abd. Hamid Pulungan memuji kinerja Majelis Hakim dan pihak terkait mengenai publikasi putusan. Dirinya merasa bangga dan mengucapkan syukur Alhamdulillah atas capaian 100% secara berturut-turut. “Alhamdulillah, publikasi putusan  PTA Medan selalu 100%. Terima kasih kepada semua pihak atas capaian yang membanggakan ini,” papar Abd. Hamid Pulungan memuji.

Masih menurut Abd. Hamid Pulungan, dirinya selalu memberikan arahan kepada Panitera Abdul Wahid supaya selalu memonitor tentang input putusan ke direktori putusan agar tetap tercapai 100%.. (ahp)

49873738651 d712f1f9cb b

Menindaklanjuti Surat Badilag Nomor 1702/DJA/PS.00/V/2020 tanggal 4 Mei 2020 perihal Pembinaan dan Pengawasan dalam masa kondisi wabah Covid-19, maka Pengadilan Tinggi Agama Medan selaku kawal depan Mahkamah Agung Republik Indonesia melakukan Pembinaan dan Pengawasan melalui virtual meeting (teleconference) kepada PA Se-Sumatera Utara.

49873210568 b4ddb3602a b

Pembinaan dilaksanakan oleh pimpinan PTA Medan (Ketua, Panitera dan Sekretaris) pada hari Jum’at tanggal 8 Mei 2020 mulai pukul 14.00 WIB s.d. 15.30. Pembinaan melalui virtual meeting ini diikuti oleh seluruh pimpinan Pengadilan Agama se Sumatera Utara, yaitu sebanyak 22 PA. Ini adalah pembinaan kedua, sebelumnya tanggal 13 April 2020 Pimpinan PTA melakukan teleconference dengan 22 PA se Sumatera Utara.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, Dr. H. Abdul Hamid Pulungan, S.H., M.H. menyampaikan meskipun dalam situasi pandemic Covid-19, Pimpinan Pengadilan Agama se Sumatera Utara agar tetap meningkatkan kinerja baik dibidang kepaniteraan terutama penanganan perkara melalui SIPP maupun bidang kesekretariatan terutama pada penyerapan anggaran dengan tetap memperhatikan dan mengacu pada peraturan pemerintah dan surat edaran mahkamah agung tentang sistem kerja dalam situasi wabah Covid-19.

49873740946 3c6d83452d b

Ketua juga mengevaluasi rapor penanganan perkara melalui SIPP PA se Sumatera Utara, hanya beberapa PA saja yang masuk dalam rangking 10 besar selebihnya  nilainya jauh dari harapan yaitu berada di atas 100 ke atas.

Ketua juga menyoroti kinerja satker PA se Sumatera Utara tentang publikasi putusan, hanya 2 PA yang publikasinya 100 % (PA Sidikalang dan PA Kabanjahe) sedangkan yang lain belum mencapai nilai 100%. Ketua menekankan pada bulan Juli 2020 diharapkan semua PA nilai publikasi putusan mencapai 100 %. Juga evaluasi Laporan Kinerja Triwulan, hanya 2 PA yang berada di nilai 10 besar yaitu PA Stabat dan PA Lubuk Pakam. Masalah pengelolaan website dan Pembangunan Zona Integritas menuju wilayah WBK tak luput dari evaluasi yang dilakukan oleh pimpinan PTA.

Dalam teleconference tersebut, dibuka ruang tanya jawab antara pimpinan PA dengan pimpinan PTA. Banyak permasalahan yang disampaikan oleh PA dan langsung diberi solusi oleh PTA.  Seluruh PA sepakat untuk mendukung dan mensukseskan 100 hari Program Ketua PTA Medan. Yaitu meningkatkan kinerja SIPP, Publikasi Putusan, Kinerja Triwulan, Pengelolaan Website, Sikep, Pembangunan Zona Integritas, Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan Agama dan Penyerapan Anggaran. Tepat pukul 15.30 acara pembinaan melalui teleconference ditutup dengan mengucap Alhamdulillah. (amr)

 

49869195068 dd84e9f1dd b

Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas hakim dan aparat peradilan agama dalam permasalahan teknis yustisial, Dirjen Badilag mengadakan pembinaan dan kajian rutin dengan menghadirkan Hakim Agung dari Kamar Agama MARI sebagai narasumber.

Acara pembinaan dan kajian tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 8 Mei 2020 mulai pukul 09.00 WIB. Pembinaan dilaksanakan secara online melalui aplikasi ZOOM untuk Ketua PTA dan Ketua PA klas IA. Sedangkan untuk Hakim Tinggi dan aparatur peradilan lainnya dapat mengikuti pembinaan tersebut secara langsung melalui live streaming melalui channel  Youtube Dirjen Badilag.

49869207158 a71ae17ba2 b

Ketua PTA Medan, Dr. H. Abdul Hamid Pulungan, S.H., M.H. menginstruksikan kepada para Hakim Tinggi dan aparatur PTA Medan untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Pembinaan dibuka oleh Pak Dirjen Badilag, Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H. Pak Dirjen menyampaikan agar Program Badilag direspon dengan cepat oleh KPTA seluruh Indonesia, program tidak terhambat dengan adanya covid19. Wabah covid19 yang  melanda negeri kita tidak menurunkan semangat kita dalam meningkatkan kinerja dan melayani masyarakat pencari keadilan.

PTA harus memantau dan melakukan evaluasi atas pembangunan Zona Integritas diwilayahnya masing-masing dan mengusulkan PA yang benar-benar siap untuk dievaluasi oleh Kemenpan RB RI, lanjut Pak Dirjen. Beliau juga meminta PTA untuk memantau kinerja SIPP di wilayahnya masing-masing.

Selanjutnya Yml Dr. H. Purwosusilo, S.H., M.H. menyampaikan pembinaan yang isinya dapat disimpulkan antara lain :

  1. Adanya kerancuan antara Putusan Sela dan Putusan Akhir; dimana format dan redaksi putusan sela menggunakan redaksi putusan akhir, sedangkan pokok perkara belum diperiksa, seharusnya Hakim memeriksa eksepsi kompetensi terlebih dahulu, apabila eksepsi terbukti maka eksepsi dikabulkan dan putusan tersebut adalah putusan akhir. Apabila eksepsi tidak terbukti maka eksepsi ditolak dengan putusan sela.
  2. Gugatan ditolak tanpa pembuktian; terdapat gugatan waris, setelah proses jawab menjawab (gugatan, jawaban, replik dan duplik) selesai Hakim menjatuhkan putusan akhir dengan Menolak gugatan Penggugat. Seharusnya Majelis Hakim dapat membedakan antara putusan menolak dan putusan tidak dapat diterima, bagaimana bisa amar menolak sementara tahapan pemeriksaan pembuktian belum dilakukan. Apabila gugatan dinilai tidak memenuhi syarat formil seharusnya di NO, apabila ditolak pasti pemeriksaan sudah melewati proses pembuktian.
  3. Pengakuan dengan Klausula; Dalam jawaban Tergugat menyampaikan pengakuan berklausula atau dengan kwalifikasi. Beban pembuktian dibebankan kepada Tergugat untuk membuktikan klausulanya, sedangkan Penggugat tidak dibebani bukti karena dianggap sudah diakui Tergugat.

Selanjutnya beliau menyampaikan masalah sita dan eksekusi. Untuk eksekusi riil tidak perlu dilakukan sita. Tahapnya ; permohonan, aanmaning, penetapan eksekusi dan pelaksanaan eksekusi. Dan eksekusi dilaksanakan sesuai dengan bunyi amar putusan.Sekitar pukul 10.30  acara pembinaan berakhir. (amr)

  • kategori1sippmuhammad-yassir-rangkuti.jpg
  • ucapan-nurlaini.jpg
  • ucapanhakimbaru05042020.jpg
  • ucapanketuamahkmahbaru05042020.jpg