49944017788 3c0536b8f6 b

Aplikasi backup sikep (ABS) yang dikelola Badilag adalah aplikasi yang mengelola data kepegawaian hakim dan ASN di lingkungan peradilan agama. Data yang ada pada ABS meliputi informasi tentang kepegawaian seseorang semenjak diangkat menjadi Cpns sampai dengan saat menduduki jabatan terakhir. Dari data kepegawaian yang ada pada ABS, Badilag dapat menentukan kebijakan tentang penempatan maupun promosi dan mutasi tenaga teknis. Oleh sebab itu data yang ada pada ABS sangat penting dan harus selalu update agar Badilag tidak salah dalam mengambil kebijakan bagi hakim maupun ASN untuk promosi dan mutasi.

Berbagai upaya yang dilakukan Badilag agar ABS selalu update antara lain dapat diukur dari kelengkapan dan validasi data tersebut yang ditandai dengan pemberian nilai. Apabila data dan validasi telah terinput secara lengkap dan dilaksanakan dengan baik dan benar maka nilai akan tampil 100%. Sedangkan apabila data tidak lengkap atau datanya salah input akan tampil nilainya tidak 100% dengan penjelasan kesalahan atau kekurangan data yang diperlukan.

Adapun Sikep yang dikelola Biro Kepegawaian MA adalah aplikasi yang memuat data kepegawaian seluruh hakim dan ASN MA dengan klasifikasi sesuai bidangnya masing-masing. Secara umum hampir sama fungsi dan manfaat ABS dan Sikep dengan variasi yang berbeda. Data dalam Sikep pun datanya harus selalu update dan tervalidasi agar datanya dapat dipertanggung-jawabkan.

49944100578 77ac8803ae b

PTA Medan sebagai kawal depan Mahkamah Agung RI selalu memotivasi PA sewilayah PTA Medan supaya secara terus menerus  menginput data pada kedua aplikasi tersebut serta memastikan nilainya 100%. Hal ini sangat penting supaya Badilag dan Biro Kepegawaian MA mengetahui secara pasti history kepegawaian yang bersangkutan.

Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan selalu mengingatkan PA agar menginput data kepegawaian sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Disebutkan oleh H. Abd. Hamid Pulungan, jangan sampai data pada ABS dan Sikep salah yang mengakibatkan terjadi kesalahan dalam promosi dan mutasi.

“Pastikan data dan validasi ABS dan Sikep selalu update supaya pimpinan di MA tidak salah mengambil kebijakan,” urai H. Abd. Hamid Pulungan menjelaskan.

Seiring dengan pembinaan yang dilakukan PTA Medan tersebut, alhamdulillah mendapat respon yang baik dari seluruh PA sewilayah PTA Medan yang berjumlah 22 satuan kerja. Sampai dengan hari ini ABS dan Sikep PA maupun PTA Medan mendapat nilai 100%. Hal ini berarti data kepegawaian dan validasinya telah lengkap.

“Alhamdulillah, ABS dan Sikep PA dan PTA Medan mendapat nilai 100% dan supaya dipertahankan,” kata Kasubbag Kepegawaian dan teknologi informasi Arief Ismudiarto tersenyum.

“Saya selalu mengingatkan PA supaya selalu update data kepegawaian,” urainya menambahkan.

  • kategori1sippmuhammad-yassir-rangkuti.jpg
  • ucapan-nurlaini.jpg
  • ucapanhakimbaru05042020.jpg
  • ucapanketuamahkmahbaru05042020.jpg
  • ucapanmasidah.jpg